Rabu, 15 Juni 2011

Gerhana Bulan Terjadi Malam Dini Hari

(Jakarta, INILAH.COM): Gerhana bulan terjadi malam dini hari. Meski langit terkadang tertutup awan mendung namun proses terjadinya gerhana masih bisa terlihat di langit dengan mata telanjang.

Di wilayah DKI Jakarta, gerhana bulan mulai terjadi sekitar pukul 01.25 WIB. Perlahan, bulan yang awalnya bersinar putih terang, mulai tertutup oleh bayangan bumi.


Meski awan mendung terkadang menutupi bulan, namun proses terjadinya gerhana masih bisa terlihat dengan mata telanjang.

Gerhana bulan yang terjadi pada Kamis (16/6/2011) dini hari ini merupakan yang pertama kali terjadi pada tahun 2011. Gerhana bulan kemungkinan akan terjadi lagi pada bulan Desember mendatang.

Pada gerhana bulan kali ini, menurut peneliti Observatorium Bosscha Evan Irawan Akbar akan berlangsung lebih lama dari biasanya. Hal ini terjadi karena posisi antara matahari, bumi dan bulan hampir sejajar.

"Nanti posisi antara matahari, bumi, dan bulan hampir satu bidang. Ini mengakibatkan kita dapat menyaksikan proses gerhana yang lebih lama, dari pukul 01.22 sampai 05.22 WIB (Kamis, 16/6/2011)," ujar Evan saat dihubungi INILAH.COM, Rabu (15/6/2011).

0 komentar:

Posting Komentar