Senin, 06 Juni 2011

Garuda Masuk 50 Besar Maskapai Dunia

(SINGAPURA, KOMPAS): Maspakai penerbangan Tanah Air, PT Garuda Indonesia, menempati posisi 50 besar maskapai terbesar di dunia dalam pemeringkatan yang dilakukan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional atau IATA per 2010.


Berdasarkan rilis yang diterima Kompas dari Sekretariat Panitia Pertemuan Tahunan (Annual General Meeting) IATA Ke-67 yang dilangsungkan di Singapura, Senin (6/6/2011) hingga Selasa (7/6/2011), Garuda Indonesia rata-rata berada di urutan ke-41 dari total 235 maskapai penerbangan anggota IATA yang tersebar di seluruh dunia. 

Lima posisi teratas berturut-turut ditempati maskapai Delta Air Lines (AS), American Air Lines (AS), China Southern Airlines (China), Lufthansa (Jerman), dan United Airlines (AS). 

Pemeringkatan maskapai terbesar di dunia ini dibagi dalam empat kriteria, yaitu jumlah penumpang yang terangkut, jumlah logistik/kargo terangkut, jarak tempuh penumpang per kilometer terbang, dan jarak tempuh logistik per kilometer terbang. 

Untuk kategori jumlah penumpang terangkut, Garuda Indonesia berada di peringkat ke-41. Lalu, untuk kategori logistik terangkut, Garuda di urutan ke-40, sementara pada kategori jarak tempuh logistik atau kargo Garuda berada di urutan ke-50. Khusus kategori jarak tempuh, Garuda berada di luar urutan 50 besar.

0 komentar:

Posting Komentar