Kamis, 02 Juni 2011

Husni Mubarak Diadili Agustus

(Kairo, Tempo): Mantan Presiden Mesir Husni Mubarak akan disidang pada Agustus mendatang. Sidang itu akan menggelar kasus pembunuhan demonstran dan kasus korupsi yang dilakukan Mubarak selama ia berkuasa.


Pengadilan itu rencananya dilangsungkan pada 3 Agustus. Selain Mubarak, kedua putranya juga akan diadili dalam kasus korupsi.

Seperti yang dilaporkan The Guardian, Rabu 1 Juni 2011, Mubarak dapat dijatuhi hukuman mati jika terbukti bersalah. Setidaknya 864 pendemo tewas dalam demonstrasi besar-besaran selama 18 hari pada Januari-Februari lalu.

Belum jelas di pengadilan mana Mubarak akan diadili. Namun pemerintah Mesir telah menunjuk sejumlah dokter untuk memeriksa kondisi kesehatan Mubarak untuk memastikan kehadirannya nanti di pengadilan.

Dokter menyatakan Mubarak mengalami masalah jantung dan beresiko mengalami serangan jantung. Dokter yang ditunjuk pemerintah juga menyatakan, Mubarak mengalami depresi. Mubarak saat ini masih dalam tahanan di rumah sakit Red Sea di Sharm el-Sheikh sejak April lalu.

Puluhan ribu pendemo menuntut Mubarak segera diadili. Peristiwa ini menjadi penanda dalam sejarah modern Arab, di mana pemimpin digiring ke pengadilan oleh rakyatnya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar